9 Contoh dan Tipe Lead Magnet

Sudah tahu Manfaat dari 9 contoh ini?
Dalam praktiknya, para internet marketer dan pebisnis online menggunakan berbagai jenis lead magnet untuk menarik perhatian.
Membuat lead magnet bukanlah hal yang sulit. Namun, bukan pula sesuatu yang bisa diciptakan secara instan.
Anda harus selalu melakukan evaluasi dan terus belajar untuk akhirnya menemukan lead magnet yang benar-benar efektif. Patokan yang dapat dijadikan sebagai penilaian efektivitas sebuah lead magnet sangat mudah, yaitu jumlah email yang terkumpul dan jumlah transaksi penjualan.
Kita sudah membahas mengenai cara membuat sebuah lead magnet yang efektif, baik untuk UKM maupun bisnis online Disinihttp://bit.ly/2qlG5S7
Kini, Anda bisa mempraktikkannya secara langsung. Cara paling mudah membuat lead magnet adalah deingan melihat contoh.
9 Contoh dan Tipe Lead Magnet
Tipe lead magnet bisa disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Berikut ini adalah jenis-jenis lead magnet beserta contohnya:
1. Panduan
Tipe lead magnet seperti inilah yang kerap digunakan oleh para internet marketer. Mereka memberikan sebuah berkas yang menjelaskan langkah-langkah untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.
Misalnya, AlieDropship, sebuah software yang ditujukan untuk sarana berjualan online. Mereka membuat sebuah lead magnet dengan bentuk yang sederhana, “AlieExpress Dropshipping Guide”.
2. Freetrial
Lead magnet seperti ini biasanya digunakan oleh para developer perangkat lunak. Perusahaan software terkemuka dunia pun melakukannya. Anda bisa memilih untuk memberikan software free trial dalam durasi tertentu atau software demo. Dengan begitu, para lead akan bisa secara langsung mencoba atau melihat beberapa fitur pada aplikasi. Mungkin Anda pernah melihat iklan dari MOKA POS dengan memberikan akses FREE TRIAL untuk aplikasinya.
3. KuponDiskon
Lead magnet berupa kupon diskon menjadi strategi yang kerap digunakan oleh para pemilik toko online. Tidak terlalu sulit untuk mempraktikkan tipe lead magnet seperti ini. Anda tinggal menuliskan besaran diskon yang ingin Anda berikan. As simple as that. Silakan cek Marketplace yg Anda ketahui pasti ada bagian Lead Magnet Tipe ini.
4. Cheatsheet
Bentuk cheat sheet memang tidak jauh berbeda dengan file PDF. Hanya saja, tipe lead magnet seperti ini memiliki bentuk yang lebih ringkas, sekitar 1-2 halaman. Di dalamnya berisi metode yang sangat spesifik dalam mencapai sebuah tujuan.
Chartmogul menjalankan lead magnet seperti ini dengan sangat baik. Mereka menyediakan Ultimate Saas Metrics Cheat Sheet gratis. Dalam cheat sheet tersebut, Chartmogul pun menjelaskan kegunaan sekaligus bagaimana data-data di dalamnya bisa didapatkan.
5. ToolKit
Seorang lead juga akan dengan senang hati memberikan alamat emailnya kalau mereka memperoleh sebuah tool kit yang bermanfaat. Tool kit ini pun bisa berbagai macam. Misalnya, Anda adalah seorang developer aplikasi. Anda bisa membagikan secara gratis tool kit yang bermanfaat untuk para lead.
Sebagai contoh, tool kit pelaporan gratis yang diberikan oleh Adpresso. Tool ini berguna sebagai sarana untuk mengevaluasi tahap promosi yang telah dilakukan.
6. Quiz
Quiz juga bisa menjadi sarana menjalankan lead magnet yang interaktif. Tentunya, quiz yang Anda buat menawarkan solusi atas permasalahan para lead. Neutrogena menjadi contoh tepat untuk melihat pemakaian lead magnet berupa quiz.
Dalam quiz tersebut, calon konsumen akan memperoleh informasi tentang perawatan kulit dan produk tepat yang cocok untuk mereka. Untuk memaksimalkan tingkat konversi lead, ditampilkan pula opsi untuk memasukkan alamat email pada akhir quiz.
7. Tes
Tes memiliki kemiripan dengan lead magnet quiz. Hanya saja, quiz biasanya digunakan oleh pebisnis yang menjual produk. Sementara itu, tes lebih cocok untuk pebisnis yang menawarkan layanan.
Contohnya adalah HubSpot dengan lead magnet Marketing Grader miliknya. Lead magnet ini sangat sederhana, bertuliskan “How Strong is Your Website?” dengan disertai call to action.
8. WebinaratauVideoTraining
Menyediakan akses ke webinar secara gratis sebagai sarana lead magnet juga bisa dicoba. Kang Fahmi Hakim merupakan salah satu pebisnis online yang menjalankan lead magnet seperti ini. Menarik Lead magnetnya menawarkan beberapa webinar gratis yang bisa diikuti oleh para lead.
Dalam webinar tersebut, Kang Fahmi memperlihatkan bagaimana cara memanfaatkan mendapatkan 100 Juta Pertama dari Toko Online. Hanya saja, webinar tersebut hanya menjelaskan informasi dasar. Di akhir webinar, kemudian memancing para peserta untuk menggunakan layanannya, mulai dari cara memanfaatkan toko online secara detail, hingga sebuah komunitas eksklusif.
9. SalesMaterial
Tipe lead magnet yang terakhir dan kerap digunakan oleh para internet marketer adalah sales material. Terkadang, seorang lead sudah memiliki ketertarikan dengan produk yang Anda tawarkan. Namun, mereka ingin mencari informasi lebih detail mengenai produk-produk tersebut.
Salah satu perusahaan yang menjalankan praktik lead magnet seperti ini adalah Ikea. Mereka menyediakan formulir yang memungkinkan setiap orang untuk memperoleh katalog produknya dalam bentuk digital. Sebagai gantinya, Ikea memperoleh data pribadi berupa alamat email.
Sebetulnya masih banyak tipe lainnya, mungkin akan kita bahas di artikel selanjutnya.
3 dari Lead Magnet diatas cukup menggunakan file dokumen berupa PDF, tentunya di Desain secara menarik, elegan dan Profesional, masa mau dikasih ke Lead biasa-biasa sadja, apa kata dunia .
Jika Anda kesulitan membuat Desain Lead magnet berupa dokumen PDF yg lebih Menarik, lebih elegan dan lebih profesional, Saya telah buatkan 1200+ Aset desain cover dan halaman-halaman isi utk membuat ebook sebagai Lead Magnet, cukup Pilih Template > Edit > Save > Publish. As simple as that, cukup Drag and Drop.
Bagaimana sudah mulai kebayang dengan mengetahui ragam tipe lead magnet tersebut, Anda pun bisa menyesuaikan penggunaannya dengan bisnis yang tengah dijalankan. Pemilihan tipe lead magnet yang tepat, akan memberikan performa yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *