Bantuan Kemanusiaan Kodam Pattimura Untuk Suku Mausu Ane

Bantuan Kemanusiaan Kodam Pattimura Untuk Suku Mausu Ane Berlanjut

Ambon.Masohi (25/07) Kodam XVI/Pattimura kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan (makanan dan minuman) bagi Suku Mausu Ane, suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara Timur, Maluku Tengah.

Bantuan kemanusiaan tersebut, telah dikirim melalui Koramil 1502-05/Wahai dipimpin langsung oleh Danramil 1502-05/Wahai, Kapten Cba La Ode Maaruf bersama 8 anggotanya pada Selasa (24/07), di Camp sekitar Dusun Siahari Negeri Maneo Rendah Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku tengah.

Danramil 1502-05/Wahai Kapten Cba La Ode Maaruf menuturkan bahwa bantuan kemanusiaan tersebut untuk membantu mengurangi beban hidup masyarakat Suku Mausu Ane yang berdasarkan informasi mengalami musibah kelaparan.

“Selain bantuan berupa makana, Kodam XVI/Pattimura juga mengirimkan obat-obatan dan sembako bagi warga di daerah terpencil suku Mausu Ane ” ujarnya.

Hentakan hati/kepedulian Koramil Wahai untuk membantu masyarakat Suku Mausu Ane sangat tinggi, mereka tergerak langsung menuju sasaran tempat tinggal mereka dan walaupun hanya baru mendapatkan 3 Kepala Keluarga Suku Mausu Ane dengan membawa bantuan sementara. Dalam kesempatan itu, Danramil juga merangkul masyarakat Suku Mausu Ane untuk mau turun dan terbuka menerima bantuan-bantuan yang mulai berdatangan baik dari Pemerintah, TNI-Polri maupun yang lain bisa diterima langsung oleh mereka.

Hari ini, Kasdim 1502 /Masohi Mayor Inf Adi Eka Jaya beserta tenaga medis Bintara Kesehatan Kesdam XVI/Pattimura Srd Agus Teguh , Bapak Anton Kattipana selaku Kepala Dusun Siahari, Para Babinsa Koramil 1502-05/Wahai dan 5 orang anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Kodim 1502/Masohi Koramil 05 /Wahai, pukul 09.00 Wit tiba dilokasi Dusun Siahari, Desa Morokay, Kec Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah, guna menyerahkan Logistik Kodam XVI/Pattimura dan diberikan kepada Bapak Ruben Halimuri selaku perwakilan/penerjemah Suku Mausu Ane.

Bapak Ruben Halimuri mengatakan “Selama ini kami merasakan belum pernah ada bantuan seperti ini, Kami selaku warga suku Mausu Ane tidak dapat memberikan apa-apa untuk membalas kebaikan Kodam XVI/Pattimura kami hanya bisa memberikan do’a untuk Kodam XVI/Pattimura semoga tetap suksek dalam melaksanakan tugas Negara”.

Langkah-langkah tim medis Kodam XVI/Pattimura setibanya dilokasi, segera melakukan pemerikasaan dan pengobatan kepada salah satu warga suku Mausu Ane yaitu Piter Ipana, Umur (38 Tahun) terserang penyakit muntaber akibat mengkomsumsi air sungai yang tidak layak konsumsi. Untuk itu segera diberikan penanganan secara cepat dan obat-obatan.

Bekangdam XVI/Pattimura Sore ini telah mengirimkan 47 paket sembako dengan menggunakan kapal cepat menuju Kota Masohi untuk ditindaklanjuti dengan perjalanan darat menuju lokasi. Rencananya besok pagi, Kodam XVI/Pattimura akan mengirim sisanya menggunakan Heli bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura yang akan menyambangi langsung lokasi dimana suku tersebut berada,” kata Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho. (Pendam16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *