CALON PENUMPANG PESAWAT DIAMANKAN KARENA TERBUKTI MEMBAWA AMUNISI DI TIMIKA

 

SEORANG CALON PENUMPANG PESAWAT DIAMANKAN KARENA TERBUKTI MEMBAWA AMUNISI DI TIMIKA

Jayapura – Pada hari Senin tanggal 10 September 2018 sekitar pukul 11.15 wit, Melalui alat pemeriksa barang atau X Ray Bandara Moses Kilangin Timika telah terbukti Calon Penumpang An. Ruben Wakla (RW) membawa amunisi sebanyak 153 butir dan uang sebesasar Rp. 110.000.000 yang akan hendak ke Dekay Kabupaten Yahukimo Papua.

 

Kronologis kejadian:
Pada hari dan tanggal tersebut di atas, penemuan ini berawal calon penumpang an. Ruben Wakla (RW) masuk ke Terminal Bandara Moses Kilangin Timika oleh Petugas X Ray an. Maria merintahkan barang bawaan untuk diperiksa melalui mesin X Ray. Pada saat barang bawaan rangsel diperiksa di mesin X Ray terlihat dilayar monitor gambar yang menyerupai amunisi tetapi calon penumpang an. Ruben Wakla langsung mengambil barangnya tersebut dan langsung menuju cek in counter Pesawat Demonim dan Susi Air untuk menanyakan tiket Pesawat yang akan menuju ke Bandara Dekay Kabupaten Yahukimo.

Mengetahui barang bawaan rangsel yang dibawa oleh calon penumpang an. Ruben Wakla (RW) adalah amunisi, maka petugas X Ray melaporkan yang dilihatnya kepada Kepala Avsex Bandara Moses Kilangin Timika. Mendengar laporan tersebut memerintahkan petugas Avsex untuk memeriksa kemabli barang bawaan calon penumpang an. Ruben Wakla untuk dimasukkan ke X Ray lagi dan terlihat amunisi di layer monitor maka didampingi anggota Paskah menahan barang bawaan untuk diperiksa lebih lanjut.

Selanjutnya anggota KP3 Udara Timika mengamankan calon penumpang an. Ruben Wakla (RW) beserta barang bawaanya untuk diperiksa lebih lanjut dan membongkar barang bawaan tersebut. Kemudian Ruben Wakla dibawa ke Polres Mimika oleh Satgas untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
Barang bukti yang diamakan:

1. Amunisi sebanyak 153 butir
2. Uang sebesar Rp 110.000.000,- (seratur sepuluh juta rupiah)
3. 2 buah HP dan 1 buah KTP milik Ruben Wakla
Identitas pelaku:
Ruben Wakla (RW) (20), laki-laki, pelajar, tempat tanggal lahir Yahukimo 10 Oktober 1998, warga Yahukimo

Langkah-langkah kepolisian yang diambil, menerima laporan, mengamankan pelaku dan barang bukti ke Mapolres Mimika, meminta keterangan saksi, membuat laporan polisi. Sementara kasus ini telah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Mimika untuk dilakukan Penyidikan dan Penyelidikan.

Jayapura, 10 September 2018
Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz, HP. 081344569999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *