Diskusi Kamisan DPP Taruna Merah Putih putaran ke-18

 

 

180.215 Milliar US Dollar Utang Luar Negeri Pemerintah Indonesia perJanuari 2018 (Laporan Kemenkeu RI). Mencapai sekitar 34% dari Produk Domesti Bruto (PDB) Negara.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ini merupakan angka yang “masih aman” karena diatur tidak boleh melebihi 60% PDB. Namun beberapa kalangan, mengkritik utang yang dibuat Pemerintah karena dianggap sangat besar.
Presiden Suharto meninggalkan utang US$ 68,7 Milliar, Presiden BJ Habibie US$ 132,2 Milliar, Presiden Abdul Rahman Wahid US$ 136,9 Milliar, Presiden Megawati US$ 139,7 Milliar dan Susilo Bambang Yudhoyono sebesar 209,7 Milliar. Semua ini terjadi secara sambung menyambung dari Presiden ke Presiden dan menjadi tanggungan Negara.

Dalam banyak penjelasan, Presiden Jokowi menjelaskan mengenai alokasi Utang Luar Negeri diperuntuhkan untuk sektor-sektor produktif, seperti Pelabuhan, Jalur Kreta Api, Jalan Tol, Bandara Udara, Kawasan Perindrustrian, dll.

Jika membandingkan dengan jumlah utang Pemerintahan-pemerintahan sebelumnya, maka bisa dikatakan bahwa utang Jokowi tergolong tidak sedikit.

Bagaimana dampak dari Utang Luar Negeri bagi Rakyat? Bagaimana Presiden Jokowi mengelola Utang Negara? Apa sasaran masa depan dari Utang Negara hari ini?

Kami mengundang para pelajar, mahasiswa, pemuda dan pimpinan ormas, aktivis sosial-politik, serta para jurnalis/ media untuk bersama-sama mencermati bahasan ini dalam Diskusi Kamisan DPP Taruna Merah Putih putaran ke-18 yang akan dilaksanakan pada:

Hari : *Kamis, 12 April 2018*

Waktu : Pk. 12.30-14.00 WIB (Registrasi dan Makan Siang) Pk. 14.00-17.00 WIB (diskusi)

Tempat : *Kantor DPP Taruna Merah Putih, Jl. Teuku Cik Ditiro no. 10 Menteng, Jakarta Pusat*.

Tema : *Menakar Utang Jokowi*

Narasumber :
1. *Suminto*
(Direktur Kementerian Keuangan RI)

2. *Wahyu Widodo*
(Kadeputian III Kantor Staf Presiden)

3. *Aviliani*
(Peneliti Senior INDEF)
Salam, Koordinator Diskusi :
– Ayub M. Pongrekun
– Twedy Ginting
– Adi Kurniawan

Cc
*DPP Taruna Merah Putih*
*Maruarar Sirait (Ketua Umum)*
*M.M. Restu Hapsari (Sekjen)*

Cc
*Hasto Kristiyanto*
(Sekjen DPP PDI Perjuangan .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *