Pelindo 4 Makassar Terbitkan ObligasI sebesar Rp 3 Triliun

Pelindo 4 Makassar Terbitkan ObligasI sebesar Rp 3 Triliun
Jakarta, 25 MeI 2018. PT PeIabuhan Indonesia IV (Persero)  mengumumkan aksI korporasI untuk melakukan penawaran umum obligasI I PeIindo IV Tahun 2018 dengan: target dana yang akan dihimpun sebanyak-banyaknya sebesar Rp. 3 Triliun.

ObIIgasI I senIIai Rp. 3 TriIIun akan diterbitkan pada Semester I Tahun 2018 yang akan dalam 3 tenor, yakni SerI A untuk IIma tahun, SerI B untuk tujuh tahun, dan SerI C. sepuluh tahun. ObligasI InI akan memiIikI bunga tetap dan bunga dIbayarkan dengan basis 30/360.
ObIIgasI I PeIindo IV Tahun 2018 IN telah memperoleh hasil pemerIngkatan AA (Double A) darI PT Pemeringkatan Efek IndonesIa (PefIndo) .
Direktur Utama Perseroan mengungkapkan, dana hasil Penawaran Umum OingasI seteIah dikurangl bIaya-blaya EmIsI, seIuruhnva.

Perseroan untuk Sekitar 59% akan digunakan untuk refinancing pokok PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 2. Sekitar 33% akan digunakan untuk pembiayaan program-program Investasi PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), yaitu Ianjutan pembangunan Infrastruktur dan suprastruktur Makssasar New Port (MNP) .

Surat utang itu akan digunakan untuk memenuhij kewajiban kepada perbankan, investasi dan pembelian alat.

Direktur Utama Pelindo IV,  Doso Agung mengatakan, pengunaan dana hasil penerbitan surat utang ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk pelunasan pinjaman kepada PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebesar 59% dari total dana yang di dapat.

“Sedangkan 33% dari dana penerbitan obligasi akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan suprastruktur Makassar  New Port dan 8%-nya akan digunakan untuk pembelian alat fasilitas pelabuhan di terminal Bitung, Kendari dan cabang,” jelas Doso di Jakarta, Jumat(25/5/2018).

Doso merinckan,, surat utang terseburt terdiri dari tiga seri. Pertama, seri A jatuh tempo pada tanggal 4 Juli 2023 dengan kupon antara 7,75% hingga 8,5%; Seri B akan jatuh tempo pada tangal 4 Juli 2025 dengan kupon 8,5% hingga 9,35% dan Seri C akan jatuh tempo pada tanggal 4 Juli 2028 dengan kisaran kupon 8,75% hingga 9,75%.

Sedangkan jadwal  penerbitan obligasi, jelas dia, mulai tanggal 22 Mei hingga 5 Juni 2018 sebagai masa penawaran awal. Dilanjutkan dengan masa penawaran umum pada tanggal 28-29 Juni 2018 dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 5 Juli 2018.

Untuk memuluskan rencana tersebut, persero telah menunjuk PT Danareksa Sekuritas, PT Indopremier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas , PT BNI Sekuritas dan PT CGS- Sekuritas Indonesia selaku Penjamin pelaksana emisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *