Proyek Jakarta Integrated Tunnel Harus Dibangun Tahun 2018

PT.Antaredja Mulia Jaya (AMJ) telah mengadakan pertemuan awal dgn PT.JTD (Jakarta Toll Development) beberapa waktu lalu dalam rangka untuk menyepakati kerjasama dalam mewujudkan proyek JIT (Jakarta Integrated Tunnel).

Dalam hal ini PT.JTD adalah pemegang konsesi 6 ruas tol dalam kota, dan segera akan membentuk JV dgn PT.AMJ.

(berdasarkan ijin prinsip Pemprov DKI, dan SK Mentri serta surat rekomendasi teknis PT.AMJ harus berkodinasi dengan PT.JTD).

Dikonfirmasi masalah tersebut, Komisaris Utama PT AMJ, Wibisono menjelaskan, ” Saya ingin menanggapi pola pikir Dirut JTD Frans sunito..bahwa apa gak terlalu mahal membangun JIT?” Ujarnya.

Sy ingin menanggapi pola pikir Dirut JTD Frans sunito..bahwa apa gak terlalu mahal membangun JIT?

Kita membangun JIT sudah ada kajian teknis dan kajian ekonominya.
Bahwa ada tujuan mulia yaitu ingin membantu masyarakat DKI yang tiap tahun mengalami kerugian akibat banjir., “jelas Wibisono kepada media koranexpres.com, minggu 28 Januari 2017.

Bahwa proyek ini adalah proyek yg tidak semata mata mencari keuntungan.

Dan selama ini belum ada solusi yang kongkrit untuk banjir dan macet di DKI,ungkap Wibisono Komisaris Utama PT.AMJ.

Maka kita membuat konsep sebagai cara “Robin hood” jaman Now…yaitu bisa membangun terowongan untuk fasilitas banjir tapi tidak membebani uang negara,gimana caranya?

Menurut Wibisono, caranya kita kawinkan konsep tunnel pengendali banjir ini dengan jalan tol…sehingga kita mendapatkan dana dari orang kaya yang bermobil untuk membayar fasilitas banjirnya.

Harusnya disambut baik konsep ini,sehingga rakyat yang terkena banjir dan masyarakat Jakarta bisa terbebas dari kerugian yang besar akibat banjir dan macet setiap tahunnya.

Sedangkan kalo membuat fasiltas banjir sendiri harganya mahal.

Sedangkan Toll konsep layang biaya memang lebih murah,tapi selalu terkendala dengan pembebasan lahan yang mahal juga,serta kalau semua jalan tol di Jakarta dibuat layang sangat menggangu estetika kota.

Padahal di negara maju jalan-jalan layang sudah banyak yang di bongkar dan diganti dengan tunelling..

JIT adalah proyek kebanggan bangsa indonesia..karena pertama kali didunia.

Saya berharap dirut PT.JTD mempunyai kepedulian dan taat atas aturan yang sudah disepakati oleh pemprov DKI dan kementrian PUPR…untuk segera membicarakan kesepakatan ini agar proyek ini segera terwujud, ujarnya.

Saat ini Pemprov DKI sedang mempersiapkan Pergub tentang skema PPP prakarsa swasta untuk proyek JIT.

“Mudah-Mudahan legalitas JIT segera selesai dalam waktu dekat ini,sehingga PT.AMJ akan menyiapkan untuk groundbreaking sesuai target pak Wakil Gubernur Sandiaga Uno bahwa tahun ini JIT akan mulai dibangun,singkat Wibisono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *