Sohib Indonesia: Jakarta Menuju Transportasi Berkelanjutan

Jakarta.Sebagai urutan pertama klta terburuk kualitas udaranya. Tercatat 183 kategori tidak sehat dengan parameter PM 2,5 konsentrasi 117, 3 uv/m3 berdasarkan USAir Quality Index (AQI).

“Sejauh ini kita peduli sejauh mana kualitas dan quantitas anggaran dari kebijakan itu terserap,” buka Pengurus Sohib Indonesia, Jumat (22/11) siang di Jakarta. Sohib Indonesia adalah salah satu elemen pendukung Anies R. Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilkada 2017.

Menurut DLHK DKI Jakarta, sumber polusi terbesar berasal dari Transportasi darat dengan segala kemacetan yang sangat memprihatinkan. Bila tidak ditanggulangi akan semakin parah.

Menurut Direks. Komite Penghapusan Bensin Bertimbel(KPBB) Ahmad Saifudin, bila warga Jakarta beralih ke transportasi publik niscaya polusi turun 50-90%.

Kegiatan Strategis Daerah (KSD) rancangan Pemprop DKI Jakarta, meliputi pengendalian pencemaran udara dan menyusun roadmap Jakarta Cleaner Air 2030 tentang Pengendalian pencemaran udara dengan 14 aksi yang antara lain pengembangan transportasi umum ramah lingkungan dan uji emisi kendaraan bermotor. Itu semua meliputi Transjakarta, MRT, dan LRT termasuk dalam roadmap Jakarta Cleaner Air 2030.

Hadir sebagai nara sumber dalam Seminar *Transportasi Berkelanjutan Jakarta : Jakarta Menuju Transportasi Berkelanjutan* adalah Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Safrin Liputo, ibu Ratih Mayasari mewakili PT MRT, dan perwakilan PT Transjakarta Ahmad Izul, dan Andika sebagai moderator.

Dalam dua tahun Anies berkuasa terjadi peningkatan signifikan dalam hal okupansi angkutan massal sejak 2017.konsep Jaklingko dengan satu kali bayar untuk semua moda transportasi. Tak hanya mengintegrasikan angkot dan Transjakarta, tapi juga terintegrasi dengan moda transportasi lain berbasis rel, LRT dan MRT.

Menurut Gubernur Anies jumlah penumpang 2x lipat hingga 640.000 penumpang per hari. Jumlah armada naik dari 2.380 unit (2017)menjadi 3.548 unit (2019). Rata rata penumpang MRT sebanyak 94.824 orang per hari pada juli 2019.

Uji coba LRT Jakarta melayani 798.000penumpang pada 11 juni sd 13 Oktober 2019.jakarta dalam ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020 pada Juni 2019 sebagai kota paling inovatif dalam terobosan transportasi.

Seminar “Menuju Jakarta Transportasi Berkelanjutan” ingin menegaskan hadirnya transportasi massal ditunjang dengan transportasi hemat energi, bebas polusi udara dan kenyamanan udara pada warganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *