Sulut Expo 2019 Digelar Ulang tahun ke-55 Provinsi Sulawesi Utara

 

Jakarta. Pemerintah provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Sulut Expo 2019dengan tema “North Sulawesi, Pacific Gateway of Indonesia” bertempat di SMESCO Convention Hall, Pancoran, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Tiba di lokasi acara Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey disambut dengan tari Kabasaran, serta para tamu dan undangan yang hadir.

Para tamu dan undangan yang menghadiri pembukaan Sulut Expo 2019.

Ketua panitia Asiano Gemmy Kawatumenjelaskan bila Sulut Expo 2019 ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-55 provinsi Sulawesi Utara.

“Terselenggaranya acara ini berkat kerjasama antara pemerintah provinsi, Kerukunan Keluarga Kawanua, alumni  SMA Negeri Manado di Jabodetabek dan sekitarnya,” kata Gemmy Kawatu.

Gemmy Kawatu menambahkan kegiatan menghadirkan apa yang ada di Sulawesi Utara terutama potensi Trade Tourism Investment.

“Diharapkan potensi tersebut dapat dihadirkan di Jakarta bahkan di wajah dunia international,” kata Gemmy Kawatu dalam sambutannya.

Tagline North Sulawesi “Pacific Gateway Of Indonesia” diangkat menurut Edwin Silangen, karena kegiatan ini diharapkan selain mendorong masyarakat Sulut untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di bidang pariwisata, Sulut Expo 2019 merupakan panggung pertunjukkan, arena pergelaran untuk menampilkan keberagaman potensi Sulut (alam, wisata, kekayaan budaya/tradisi) termasuk perkembangan investasi), pasca disahkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Likupang.

“Kami berharap Sulut Expo menjadi pintu masuk pengembangan Tourism, Trade, and Investment (TTI),” tambah Gemmy Kawatu yang juga Ketua Umum Panitia.

Tahun ini, Sulut Expo bakal tampil beda. Tak hanya soal tempat pelaksanaan. Tapi juga soal tema yang diusung yakni North Sulawesi: Pacific Gateway of Indonesia. Begitu juga dengan konsep expo dan acara.

Selama pelaksanaan yakni sejak 26 sampai 29 September 2019, acara ini juga setiap hari akan memberikan suguhan yang berbeda-beda. Termasuk produk-produk yang akan tampilkan bakal banyak perbedaan saat expo-expo tahun-tahun sebelumnya. Juga soal gathering bersama pelaku usaha yang telah disiapkan oleh panitia.

Bahkan para wisatawan akan dimanjakan dengan rupa-rupa tawaran menarik. Mulai dari promo ticket pesawat komersil, promo hotel hingga promo kuliner saat berkunjung di ujung peninsula pulau Sulawesi ini. Bagi warga yang suka pelesiran bakal dipermudah dengan kalender event dan map tourism.

Sulut Expo 2019 yang merupakan rangkaian dari kegiatan HUT ke-55 Provinsi Sulut yang puncaknya dirayakan dengan pesta rakyat pada 23 September 2019 di Lapangan Sario Manado, akan dibuka pada Kamis (26/9/2019) oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Pembukaan akan diwarnai nuansa seni tradisi Sulut, seperti tarian Kabasaran dan Maengket. Setelah pembukaan, sesuai tema acara pada hari pertama “Kearifan Lokal” berbagai pertunjukan seni budaya Sulut akan ditampilkan di Smesco Exhibition.

Setelah pembukaan akan digelar Investor Gathering & Digital Economy in North Sulawesi, dilanjutkan promosi daerah Kabupaten Minahasa, Kabúpaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Sitaro, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Pada hari kedua, akan mengusung tema “Wawasan Nasional” yang akan menampilkan potensi berbagai daerah di Sulut seperti Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Tomohon, Kota Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Sangihe, dan Kabupaten Talaud.

Hari ketiga, Sabtu (28/9/2019) dengan tema “Akses Global & Travel Exhibition” akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti donor darah, lomba kreasi poco-poco, pagelaran fashion batik Sulut dan pentas seni budaya, serta promosi daerah Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Selatan.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *