Wakil Wali Kota Bekasi, Resmi Mengukuhkqn Pengurus Korwil ASTRABI Kota Bekasi Periode 2019-2023

 

 

_Ketua Umum ASTRABI, H. Anwar Albatawi (kanan) ketika memberikan keterangan Pers-nya dengan didampingi Ketua DPC Pemuda Siliwangi Indonesia (PSI) 1922 Kota Bekasi, Maroni (kiri) usai dilaksanakannya Pelantikan & Pengukuhan Pengurus Korwil ASTRABI Masa Bhakti 2019-2023 pada, Minggu (27/10) pagi._

 

KOTA BEKASI, MAJALAHCEO – Wakil Wali Kota Bekasi, DR. Tri Adhianto Tjahyono secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus Koordinator Wilayah Asosiasi
Silat Tradisi Betawi Indonesia (Korwil ASTRABI) Kota Bekasi Masa Bhakti 2019 hingga 2023, yang digelar bertempat di Taman WBJ (Warga Betawi Jatiasih) Jalan H. Jeran RT 005/RW 004 Jatirasa, Jatiasih Kota Bekasi Jawa Barat pada, Minggu (27/10/2019).

Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Korwil ASTRABI Kota Bekasi serta pagelaran Seni dan Budaya dimeriahkan dengan berbagai atraksi. Tampak hadir Ketua DPC Pemuda Siliwangi Indonesia (PSI) 1922 Kota Bekasi, Maroni dan Ketua Umum PETA (Pembela Tanah Air), Muhammad Soleh serta organisasi massa lainnya.

Wakil Wali Kota Bekasi, DR. Tri Adhianto Tjahyono dalam amanatnya mengatakan bahwa menjadi tantangan tersendiri bagi semua untuk terus melestarikan budaya lokal agar lebih dicintai masyarakat.

“Kebudayaan lokal mulai mengalami pergeseran, ini harus dijaga. Yang sedikit lambat laun mulai tergerus dengan kemajuan jaman, hal ini menjadi motifasi bahwa kita memiliki budaya yang luar biasa, budaya lokal yang patut dibanggakan,” tutur Tri Adhianto.

Dalam pemaparannya Tri Adhianto juga menegaskan untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya-budaya di Bekasi terutama budaya lokal Betawi. “Kita berharap dengan adanya budaya yang bisa selalu kita pertahankan, bahkan ada nilai prestasi buat anak-anak kita, ya tentunya lebih baik lagi,” imbaunya.

Masih kata Tri Adhianto, bukan hanya cakupan wilayah lokal saja namun mampu sampai ke tingkat yang lebih tinggi. “Tidak saja lokal Kota Bekasi, akan tetapi juga nasional bahkan mampu mengibarkan bendera Bekasi ditataran internasional,” tegas Wakil Wali Kota yang digadang-gadangkan menjadi pemimpin Kota Bekasi masa depan tersebut.

Nilai kebudayaan itu harus dikemas sedemikian rupa, lanjut Tri Adhianto, karena suatu proses kegiatan kalau dikemas dengan baik maka akan menghasilkan efek yang sangat potensial. “Kemudian dirangkai menjadi sesuatu yang menarik, tentunya bisa menjadi suatu industri seni yang luar biasa. Industri yang kemudian mampu menghasilkan sesuatu (value) dalam rangka juga meningkatkan perekonomian di Kota Bekasi,” ujarnya.

Kata sambutan juga disampaikan Ketua Korwil ASTRABI Kota Bekasi, Agus Darmawan (Adeng), Ketua umum ASTRABI, H. Anwar Albatawie, Ketua DPC PSI 1922 Kota Bekasi, Maroni serta Ketua PETA, Muhammad Soleh.

Sementara itu, Ketua umum ASTRABI, H. Anwar Albatawi dalam keterangan pers-nya mengatakan bahwa selain pengukuhan pengurus Korwil Kota Bekasi, nantinya akan dilanjutkan Korwil ASTRABI Kabupaten Bekasi, hingga kini telah mencapai 13 Koordinator wilayah Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) di seluruh Indonesia.

“Dalam waktu dekat akan dilaksanakan untuk Korwil Kabupaten Bekasi, serta wilayah-wilayah lainnya yang juga telah siap,” ungkapnya.
Selain itu, kegiatan ini dirangkai dengan berbagai pagelaran dan atraksi silat Betawi sebagai wujud kepedulian terhadap seni dan budaya masyarakat sekitar. Hal ini juga sejalan dengan visi, misi dan slogan organisasi ASTRABI ikut serta menjadikan Indonesia lebih baik melalui peran serta mendukung pelestarian budaya Indonesia khususnya budaya khas Betawi dan Bekasi.

“Serta berusaha selalu bersinergi dan terus menerus menjalin kerjasama dengan banyak komunitas dan tokoh masyarakat yang peduli terhadap Budaya Betawi,” papar Albatawi.

Kegiatan ini juga diadakan sebagai salah satu bentuk atau upaya untuk mengenalkan kembali budaya dan kesenian khas Betawi dan Bekasi kepada generasi muda. Acara diikuti oleh dari berbagai padepokan silat dari perwakilan pemuda-pemudi, Karang Taruna dan masyarakat sekitar Jatiasih.

Masyarakat dan peserta diajak menyaksikan pertunjukan Palang Pintu, Tari Topeng, atraksi ilmu kebal dan lainnya. Selain ada juga edukasi tentang sejarah silat Bekasi dan masih banyak acara menarik lainnya. Melalui kegiatan Seni dan Budaya lokal Bekasi ini diharapkan generasi muda sebagai penerus bangsa dapat lebih mengenal dan belajar akan Budaya dan Kesenian di Indonesia, khususnya Bekasi.[]AZ/Dod

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *