Walepay Dukung Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Komisaris Wibisono dan Yuliandre Darwis, Ceo William Japari serta BOD Walepay

Jakarta, Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi dari setiap orang, ujar Komisaris walepay Wibisono menyampaikan ke awak media dijakarta (23/9/2019).

Menurut Ceo Walepay William Japari menambahkan bahwa Proses pendidikan di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang psikomotoriknya, masih banyak guru di setiap sekolah yang hanya asal mengajar saja agar terlihat formalitasnya, tanpa mengajarkan bagaimana etika-etika yang baik yang harus dilakukan.

Lanjutnya, Di dalam buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dalam kehidupan diperlukan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Dalam hal inilah maka pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal dengan pendidikan karakter (character education).

“Oleh karena itu,kami mempunyai tanggungjawab moral untuk mendukung program pendidikan yaitu program digitalisasi sekolah, yang kontennya termasuk tentang mendisiplinkan diri sejak usia dini, untuk membentuk karakter building,” kata Wibi.

Program ini adalah implementasi dari newlearning untuk menghadapi Revolusi industri 4.0 yang harus dipersiapkan sejak usia dini.

“Saat ini walepay sedang mengembangkan pelayanan digitalnya di dunia pendidikan yang diberi nama ‘EduNation’, suatu program ‘smart school’ yaitu program untuk anak sekolah dari mulai SD sampai SMA,dan kita bisa mengisi ruang aplikasi yang di canangkan pak mentri pendidikan sebagai kartu siswa yang multi fungsi”, ulas william.

Program aplikasi baru kami namakan “Walepay EduNation” bertujuan mendorong instansi Pendidikan untuk memiliki cashless ecosystem dan memberdayakan siswa supaya memiliki financial literacy serta mengajarkan kedisiplinan untuk (character education).

Program ini sangat membantu pemerintah dalam memperluas Gerakan Nasional Non Tunai, terutama untuk dunia pendidikan, antara lain: Pertama; Sebagai sarana pembelajaran bagi siswa mengenai financial literacy dan transaksi non tunai.

Kedua; Sebagai sarana bagi sekolah untuk mengaplikasikan teknologi finansial secara efektif dan efisien.

Ketiga,Membantu sekolah dalam mengelola berbagai transaksi non tunai dengan mudah, cepat dan aman,serta sebagai kartu pelajar dan absensi.

Kita juga menjadi solusi yang efektif, senantiasa berpijak pada kebutuhan, tantangan, serta harapan masyarakat Indonesia kususnya di dunia pendidikan.

Banyak pilarkarakter yang harus kita tanamkan kepada anak anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran, kejujuran hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri kita maupun anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya.

Sekarang mulai banyak sekolah di Indonesia yang mengajarkan pendidikan karakter  menjadi mata pelajaran khusus di sekolah tersebut. Mereka diajarkan bagaimana cara bersifat terhadap orang tua, guru ataupun lingkungan tempat hidup.

“Mudah mudahan dengan diterapkannya ‘aplikasi walepay’ untuk program pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak–anak akan dilandisi oleh karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa yang handal. Bebas dari korupsi, ketidakadilan dan lainnya. Walaupun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu ajarkanlah kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak saat usia dini”, pungkas wibi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *